Setelah kita tahu apa saja yang harus kita siapkan dalam memotret, sekarang kita lanjut ke materi pencahayaan. Pencahayaan ini sangat penting sekali dalam menentukan suatu objek yang kita tangkap dalam kamera kita, karena dengan pecahayaan yang benar kita akan menghasilkan karya yang luar biasa.
berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pencahayaan :

1. MENGAMBIL CAHAYA YANG BAIK

Fotografi digital adalah mengenai menangkap cahaya di sensor gambar; semakin baik cahayanya, semakin potensial mendapatkan foto yang luar biasa. Kualitas cahaya bisa berbeda-beda dari sejak matahari terbit sampai terbenam sore hari. Kadang-kadang, berbeda dari detik ke detik, seperti saat ada awan bergerak cepat. Cara yang baik mempelajari cahaya yang terbaik untuk subjek sehingga Anda menikmati pemotretan adalah sering-sering memotret dan secara hati-hati mempelajari foto Anda. Pelajari cara menilai cahaya pada arahnya, ketajaman, dan warna, serta pakai informasi itu untuk menentukan kapan dan tempat pemotretan.
Ini adalah satu keberatan bagi fotografer outdoor yanc serius yang bermaksud memotret hanya dengan cahaya terbaik: Kondisi cahaya terbaik sangat jarang. Anda harus punya waktu dan kesabaran menunggu saat-saat sempurna itu untuk menghasilkan foto sempurna. Jika Anda mempunyai waktu dan kesabarar terbatas, Anda perlu menyandarkan diri pada keberuntungan yang cukup supaya berada di tempat yang tepat pada saat yang tepat.

2. SURAM ATAU KABUT

Jangan urung memotret hanya karena cahaya suram atau kabut. Cahaya suram atau kabut bisa bertindak sebagai pembias cahaya sempurna yang bisa membantu Anda mendapatkan beberapa foto indah. Di samping membantu mengurangi kontras keseluruhan gambar, cahaya suram atau kabut bisa menciptakan atmosfer yang mungkin mengubah apa yang sebaliknya tidak menarik menjadi foto yang indah.

Saat mencahayai suasana suram atau kabut secara tepat, Anda bisa mendapatkan siluet yang menarik perhatian dan gradasi satu warna lembut yang bisa membuat foto sederhana clan sangat indah. Cahaya suram atau kabut juga bisa menambah beberapa misteri ke foto, karena pengamat mungkin tidak bisa melihat banyak detail di foto itu. Kapan pun Anda mempunyai kesempatan memotret dalam cahaya suram atau kabut, ambil saja! Pastikan, sekalipun Anda mengerti bagaimana menggunakan kompensasi pencahayaan karena light meter terdedikasi kamera Anda sepertinya akan memberi Anda pencahayaan tidak seperti yang Anda inginkan. Untuk penjelasan detail kompensasi pencahayaan. Anda bisa memakai penyunting gambar digital seperti Adobe Photoshop Elements untuk memperbaiki foto cahaya suram atau kabut menjadi gambar luar biasa.

3. MENYILUETKAN SUBJEK

Cahaya latar belakang terjadi saat subjek mendapat ya terang dari belakang clan sehingga dihasilkan bayangan gelap ke subjek. Memotret dan jenis cahaya seperti ini bisa menjadi tantangan keuntungan. Kontras ekstrem di antara latar belakang terang dan subyek tak tercahayai memberi kemungkinan mendapatkan siluet.

Mendapatkan pencahayaan yang baik dengan situasi ahayaan latar belakang mungkin sulit. Buat dua dengan pengaturan berbeda clan bandingkan nya di LCD kamera Anda. Jika kamera Anda rediakan histogram Anda bisa memakainya untuk melihat kalau Anda mendapatkan subjek gelap nyaris siluet atau mendapatkan bentuk-bentuk menonjol di daerah terang komposisi.

Setelah Anda mendapatkan siluet, pakailah penyunting gambar seperti Adobe Photoshop Elements untuk memperbaiki gambar lebih jauh clan menghasilkan cetakan yang sempurna. Anda bisa memakai tool eyedropper Set Black Point yang terdapat di kotak dialog Levels untuk membuat siluet subjek benar-benar hitam dengan memilih eyedropper clan mengklik daerah yang disiluet.

4. LAMPU KILAT TERDEDIKASI

Kamera dengan lampu kilat terdedikasi sangat berguna saat Anda memotret atau saat berada di tempat yang kurang cahaya clan Anda tidak bisa menambah cahaya dengan cara apa pun. Sebaliknya, Anda perlu hati-hati menimbang penggunaan lampu kilat terdedikasi yang terlalu sering. Lampu kilat terdedikasi mencahayai subjek dengan cahaya buatan yang datang langsung dari kamera. Efek berupa bayangan penting yang menambah dimensi subjek, dibuang oleh lampu kilat. Penggunaan lampu kilat eksternal mempunyai keuntungan memantulkan cahaya ke subjek dari sudut yang membantu mempertahankan bayangan halus.

Jika kamera Anda mempunyai kompensasi pencahayaan yang memberi kesempatan mengurangi keseimbangan relatif lampu kilat terhadap cahaya alami, Anda bisa memakai lampu kilat pengisi untuk menerangi beberapa bayangan gelac yang akan mengungkap detail saat menjaga beberapa bayangan agar menambah dimensi subjek. Anda juga bisa memakai lampu kilat terdedikasi untuk memberi cahaya tangkap untuk setiap subjek bermata dan untuk menghentikan gerak.

5. LAMPU KILAT PENGISI

Lampu kilat pengisi adalah cahaya dari lampu kilat redikasi atau lampu kilat eksternal yang dipakai tahayai bayangan gelap untuk mengurai detail clan gurangi kontras gambar keseluruhan di terik cahaya ahari. Saat Anda memotret komposisi dengan wgan kuat atau cahaya latar belakang, pakai saja w kilat pengisi.

Saat anda memotret subjek dengan cahaya latar belakang dan cahaya utama berasal dari belakang subjek dan di depan Anda, hasilnya berupa kontras tinggi yang ekstrem. Lampu kilat pengisi bisa mengurangi kontras gambar saat mencahayai subjek untuk mengurai detail-detail penting. Kebanyakan subjek dengn pencahayaan latar belakang menantang pengukur cahaya. Oleh karena itu, cobalah beberapa pengaturan lampu kilat dan pencahayaan berbeda untuk mendapatkan foto yang Anda inginkan.
Jika kamera Anda mempunyai kompensasi pencahayaan, Anda bisa memakai fitur itu untuk mendapatkan keseimbangan terbaik di antara cahaya yang ada clan cahaya dari lampu kilat. Semakin dekat dengan subjek, semakin penting penggunaan kompensasi cahaya untuk mengurangi kekuatan pencahayaan menyeluruh lampu kilat, sehingga Anda tidak menyelimuti subjek dengan cahaya buatan.